Tips Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Untuk Para Siswa

Utama204 Dilihat

 

PILARSUMSEL.COM -Musi Rawas, Kurang lebih sudah hampir dua tahun lamanya kita menghadapi pandemic covid-19 ini yang sudah melanda semua Negara termasuk Negara kita tercinta ini Indonesia. Penantian peserta didik untuk bisa masuk ke sekolah setiap hari dan mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti sedia kala tak kunjung jelas juga kapan akan dimulainya lagi. Walau sekarang peserta didik harus menjalankan belajar secara online, meski demikian sebagai pengajar dan pesrta didiknya juga harus tetap semangat untuk menjalaninya.

 

Pembelajaran jarak jauh malalui online di masa pandemi adalah solusi terbaik yang harus kita ikuti. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis internet ini dilakukan dari rumah masing – masing peserta didik, namun masih bisa belajar menggunakan berbagai aplikasi belajar online yang sesuai fungsi dan manfaatnya.

 

Tapi sayang, metode pembelajaran online ini masih menimbulkan bermacam masalah yang muncul. Terutama untuk daerah pedesaan, apalagi yang untuk daerah pelosok.

 

Masalah yang paling dominan sering muncul adalah saat menggunakan aplikasi pembelajaran online, operator seluler menjadi bagian dari pelaksaaan belajar mengajar yang mana kita harus menyediakan biaya tambahan untuk mengikuti system pembelajaran ini. Dan tidak Cuma kuota seluler tapi juga device yang dipakai juga harus mendukung pembelajaran ini.

 

Di beberapa daerah masih banyak yang mengalami kesulitan, terutama sinyal sangat berpengaruh terhadap efektivitas belajar secara daring ini. Tidak hanya keterjangkauan sinyal, ketersediaan perangkat juga menjadi kendala belajar bagi beberapa peserta didik terutama peserta didik yang keadaan ekonomi keluarganya dibawah sederhana atau kurang mampu.

Keterbatasan dari salah satu sisi dari beberapa komponen diatas dapat menyebabkan terganggunya proses pembelajaran ini. Faktor keterbiasaan juga masih dapat menjadi masalah yang serius, beberapa diantara peserta didik tentunya pernah merasakannya betapa tidak nyamannya belajar tanpa kontak fisik dari guru. Yang mana peran guru di sekolah saat ini posisinya digantikan oleh orangtua di rumah sebagai pendampingnya, dan sayangnya tidak semua orangtua dari peserta didik mampu mendampingi anaknya saat mengikuti proses belajar online ini.

Selain komponen pendukung diatas, kamu juga perlu mengkondisikan rumah dan lingkungan agar nyaman untuk mengikuti pembelajaran.

 

Berikut beberapa tips untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh yang efektif yang bisa Kamu terapkan di rumah menurut Purnomo Fitrianto, S.Kom adalah :

 

1. Kenyamanan Ruang

Persiapkan ruangan belajar Kamu sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan suasana yang tenang dan nyaman selama mengikuti proses pembelajaran supaya tidak mudah bosan.

 

2. Ciptakan Suasana Yang Tenang

Beri tahu keluarga mu di rumah kalau sedang mengikuti pembelajaran online, sehingga memerlukan suasana yang tenang sehingga tidak mengganggu konsentrasi dalam belajar.

 

3. Siapkan Perlatan Pendukung

Persiapkan device dan koneksi internet yang mendukung pembelajaran online, minimal lima menit sebelum pembelajaran dimulai, hal ini dilakukan jika nanti menemui kendala maka kamu bisa melaporkannya sebelum pembelajaran dimulai.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa saya sampaikan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar selama pandemi covid-19 sehingga proses pembelajaran jarak jauh bisa berjalan dengan maksimal.(Tim)