Universitas Sriwijaya, Kukuhkan Dua Guru Besar

Sumsel336 Dilihat

 

Palembang – Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang kembali menggelar upacara pengukuhan 2 guru besar yang diselenggarakan di Aula Lantai 8 FH Tower Fakultas Hukum UnsriPalembang, Rabu (17/02/2021).

Dua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Prof. Dr. Yuanita Windusari, S.Si, M.Si sebagai guru besar bidang Ilmu Biologi dan dari Fakultas TeknikProf. Dr. Ir. Dinar Dwi Anugrah Putranto sebagai guru besar bidang Ilmu Teknik Sipil.

Upacara ini dihadiri oleh Rektor Unsri Prof. Dr.Ir. H. Aniss Saggaf, MSCE, Asisiten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof. Dr.HM. EdwarJuliartha, para wakilrektor, dekan serta tamu undangan lainnya.

Rektor Unsri Prof. Dr.Ir. H. Aniss Saggaf, MSCE mengucapkan selamat kepada dua guru besar yang baru saja dikukuhkan.

“Sekarang ini ketentuan untuk guru besar harus zona internasional namun sekarang zona nasional sudah dibuka itu agak berat. Kendatipun untuk masuk dalam Q1 atau

Reputasi Satu sangat berat, namun perebutan menuju Q1 sangat ketat, karena hampir 4 ribu perguruan tinggi di Indonesia berebut untuk ambil Q1 ditambah lagi perguruan tinggidunia” ujarnya.

Lebih lanjut, Aniss menjelaskan akibat perebutan Q1 sangat ketat karena tidak bisa menampung sebanyak perguruan tinggi yang ada sekarang sehingga terjadilah kompetisi.

“Kompetisi ini sangat ditentukan dengan kualitas tulisan dengan kualitas riset. Disamping itu satu publication dengan dua dosen dengan jurusan yang sama biasanya jarangditerbitkan semua jadi diambil salah satunya,” jelasnya.

Aniss menambahkan, untuk saat ini Unsri telah memiliki 132 guru besar. Idealnya Perguruan Tinggi (PT) yang bagus itu memiliki diatas 200 guru besar. Sedangkan untuk doktorsudah banyak hampir 400 dan mereka sangat layak menjadi Guru Besar.

“Mudah-mudahan dua guru besar ini tidak hanya digunakan oleh Universitas tetapi oleh pemerintah daerah khususnya Sumsel,” pungkasnya. (vin)

 

Editor : NAY