Unsri akan Miliki Guru Besar Bidang PAUD Prof Dr Hj Sri Sumarni, M.Pd Pertama di Sumsel Profesor PAUD

Berita528 Dilihat

PALEMBANG, – Perjalanan panjang dan melelahkan akhirnya berbuah manis. Anak pasangan Zainonah (almarhumah) dan Murodi Mu’in (almarhum), Prof Dr Hj Sri Sumarni, M.Pd akhirnya bernafas lega karena berdasarkan persetujuan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi No 13792/MPK.A/KP 05.01/2022 tentang kenaikan Jabatan Akademik/ Fungsional Dosen tanggal 23 Februari 2022 dirinya menjadi Guru Besar Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Universitas Sriwijaya. “Alhamdulilah sangat bahagia, langsung sujud syukur Kepada Allah yang telah mengabulkan doaku selama ini. Tak lupa support dari suami, keluarga, pimpinan Universitas Sriwijaya, FKIP, serta rekan-rekan dosen Prodi PG-PAUD. Ini sukanya yang saya alami. Sebaliknya, dukanya adalah bahwa ada berbagai tahap pengajuan dan proses panjang yang harus dilalui pada tahapan penilaian baik reviewer internal maupun eksternal. Namun sekali lagi, Alhamdulilah puji syukur kepada Allah, akhirnya proses panjang itu mendapat titik terang juga,” kata Sri Sumarni di sela acara syukuran sederhana di kediamannya beberapa hari lalu.
Istri H Thamrin (mantan Kabag Humas Pemkot Palembang) mengatakan sempat terbersit keraguan karena mengingat ada banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. “Namun dalam kenyataannya, satu bulan lebih sejak 5 Januari 2022 diajukan ke Dirjen Dikti. Alhamdulillah pada tanggal 23 Februari terbit SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi No 13792/MPK.A/KP 05.01/2022 tentang kenaikan Jabatan Akademik/ Fungsional Dosen,” katanya.
Dilahirkan dari pasangan ibu seorang guru dan ayah seorang tentara. Sri Sumarni tumbuh menjadi sosok yang mandiri. Bahkan, satu dari delapan bersaudara ini amat gigih meraih cita-citanya. Berawal menjadi seorang guru olahraga, dirinya pun mengawali karier menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Universitas Sriwijaya dengan pendidikan S1 . Selanjutnya, menempuh pendidikan Strata Dua (S2) di Program Studi PAUD di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Begitu pula dengan jenjang S3 digelutinya dengan tetap fokus pada pendidikan linier yaitu Program Studi TP konsentrasi PAUD di UNJ. Pengalaman menempuh pendidikan tersebut juga ditularkan kepada putri-putrinya. “Saya tanamkan semangat belajar dan semangat pantang menyerah agar semua putri saya percaya diri, yakin, dan ikhlas menikmati semua prosesnya. Selain itu, saya amat bersyukur diberi kesempatan dan berkah oleh Allah SWT dapat mengenyam pendidikan dan sebentar lagi akan dikukuhkan menjadi Guru Besar. Sungguh suatu hal yang membuat saya sangat terharu. Semoga mendiang orangtua saya juga turut berbahagia dan mendapatkan tempat terbaik di surga, amin, ” kata Sri Sumarni sambil meneteskan air mata.
Diakui wanita kelahiran Palembang 1 Januari 1959, jenjang jabatan Lektor Kepala sudah diraihnya sejak Oktober 2014 lalu. Selanjutnya, terhitung 1 Februari 2022 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 13792/MPK.A/KP.05.01/2022 yang ditandatangani Nadiem Anwar Makarim per tanggal 23 Februari 2022 maka dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan angka kredit sebesar 888. “Sejak 2014 saya sudah mulai gencar mengumpulkan KUM dengan aktif mengajar, meneliti, melakukan aktivitas pengabdian, dan penunjang. Saya sangat menyukai dunia PAUD. Syukurnya putri kedua saya pun memiliki minat dan ketertarikan yang sama di dunia PAUD. Semoga perjuangan saya ini dapat menginspirasi banyak orang, bahwa usia bukanlah halangan untuk meraih keinginan kita. Semoga gelar baru yang akan disematkan pada nama saya menjadi berkah dan akan menjadikan saya pribadi yang lebih tunduk kepada Allah SWT, lebih taat menjalankan kewajiban dan peran, baik dalam keluarga, lingkungan kerja, maupun di masyarakat. Semoga bermanfaat,” ujar Sri Sumarni mantap. (smsi)