Unsri Kembali Menambah Dua Guru Besar

Berita60 Dilihat

 

Palembang, pilarsumsel.com – Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU kembali mengukuhkan dua guru besar baru. Bertempat di Aula Gedung Laboratorium FKIP Unsri jalan Srijaya Km 5,5 Palembang, Senin (8/11/2021).

Kedua guru besar itu adalah Prof. Dr. Ida Sriyanti, S.Pd, M.Si sebagai guru besar bidang Ilmu Fisika FKIP Unsri dan Prof. Dr. Ace Baehaki, S.Pi, M.Si sebagai guru besar Ilmu Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Pertanian Unsri.

Pada proses pengukuhan guru besar itu, kedua guru besar menyampaikan pidato ilmiahnya yakni Dr. Ida Sriyanti, S.Pd., M.Si berjudul “Teknologi Nanofiber Dengan Metode Electrospinning dan Aplikasinya”, kemudian Prof. Dr. Ace Baehaki, S.Pi., M.Si., berjudul “Biodiversitas Rawa Untuk Pangan dan Kesehatan”.

Pada kesempatan itu, Prof, Anis Saggaff mengunggkapkan bahwa perihal orasi yang disampaikan oleh guru besar itu sangat bagus sekali dan bermanfaat bagi kemajuan ilmu.

“Prof. Ida yang mengembangkan teknologi dibidang fisika terkait elektroda menggunakan jarum yang menghasilkan berbagai macam material salah satunya penjernih air dengan metode nanofiber termasuk bidang medis. Sedangkan Prof. Ace meneliti masalah ikan untuk dijadikan obat menghalau hipertensi yang sangat berguna bagi bangsa kita, ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan semoga dengan menambah dua guru besar ini bisa menambah aset bagi bangsa dan negara kita khususnya Sumatera Selatan. Ia berharap bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk kepentingan rakyat.

“Saat ini guru besar di Unsri berjumlah 133 orang tetapi yang aktif berjumlah 64 orang. Sekarang ada aturan baru bahwa guru besar yang pensiun boleh diangkat lagi tetapi digaji oleh Universitas. Jadi yang masih potensial kita angkat lagi,” pungkasnya. (vin)