Wayangan di Ponpes Dikecam, Gus Miftah: Lakon Itu Urusan Dalang

Berita, Nasional1101 Dilihat

pilarsumsel.com-Video pertunjukan Wayang di Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji milik Gus Miftah viral di berbagai media sosial. Pertunjukan itu mendapat banyak kecaman lantaran memasukkan adegan di lakon yang diduga menggambarkan Ustaz Khalid Basalamah dipukuli wayang lain. Gus Miftah lantas buka suara mengenai kejadian yang membuat namanya trending di berbagai media sosial tersebut.

Dia menegaskan bahwa lakon yang ditampilkan dalam pertunjukan wayang bukan intervensinya. “Soal konten atau lakon atau atraksi dalam pertunjukan wayang itu merupakan domain dan wilayahnya dalang itu sendiri,” kata Gus Miftah dalam audio yang diterima JPNN.com, Senin, (21/2).  “Lakon urusan dalang, enggak ada intervensi dari saya,” imbuhnya.

Ustaz asal Yogyakarta itu menjelaskan bahwa pertunjukan wayang di Ponpes miliknya rutin digelar sejak 2012. Namun, acara sempat terhenti karena pandemi dan kembali digelar karena permintaan para seniman. “Pentas yang terakhir kemarin kita lakukan, itu karena teman-teman seniman,” jelasnya.

Menurutnya, pertunjukan wayang itu salah satu ajang rembuk para seniman. Dia mengaku peduli dengan kesenian dan budaya. Oleh karena itu, dia merasa reaksi yang muncul akan pertunjukan tersebut saat ini kurang pas. “Reaksi atau respons apa yang terjadi hari ini, saya pikir kurang pas,” tutur Gus Miftah. (mcr31/jpnn)