Wujudkan Transparasi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan BLUD Puskesmas

Berita1578 Dilihat

MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim mendorong terwujudnya transparansi pengelolaan Puskesmas yang telah menjadi  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sejurus tujuan tersebut, sebanyak 70 petugas pengeola Puskesmas di Kabupaten Muara Enim mengikuti  kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan yang diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Muara Enim di Ruang Rapat  Bina Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabuaten Muara Enim, Senin (11/10).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Maryana. Dalam bimtek tersebut BPKAD Kabupaten Muara Enim menghadirkan Narasumber yang berasal dari Universitas Diponegoro, Kota Semarang yakni Haryanto selaku Lektor Kepala Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro.

Dalam arahannya, Maryana menerangkan  bimtek tersebut dilaksanakan guna mewujudkan transparasi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan BLUD Puskesmas di Lingkungan Pemkab Muara Enim.

“Bimtek bertujuan terwujudnya persamaan persepsi dalam pengelolaan keuangan di BLUD Puskesmas se-Kabupaten Muara Enim,”tuturnya

Maryana menerangkan Puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yaitu suatu instansi di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual.

Tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

“Sehingga Puskesmas dapat menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD (PPK-BLUD) yaitu pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat,”pungkasnya. (sumeks.co)