2021, PU BM Gelontorkan Dana 183 Milyar Untuk Membangun Jembatan dan Jalan

Sumsel, Utama14 Dilihat

Pilarsumsel Online,

Musi Rawas,- Untuk mewujudkan Musi Rawas Maju, Mandiri, dan Bermartabat (MANTAB), Tahun ini (2021) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas melalui Dinas PU Bina Marga (DPU BM) menganggarkan dana sebesar lebih kurang Rp 183 Milyar. Dana tersebut berasal dari berbagai sumber mulai dari APBD Musi Rawas dan Dana pusat untuk melaksanakan pembangunan Jalan dan Jembatan. Untuk Jalan Aspal Hotmix sepanjang 29,698 KM, Rigid 11,197 KM serta Pengoralan sepanjang 22,164 KM hal tersebut diungkapkan kepala dinas PU BM Kabupaten Musi Rawas H Azhari, ST melalui kabid BinaTeknis Alawiyah, ST, MT saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
” Ya tahun ini, dinas PU BM akan membangun jalan Aspal sepanjang 29,698 KM, Rigid 11,197 KM serta Pengoralan sepanjang 22,164 KM
dengan Rincian kegiatan fisik untuk jalan kabupaten sebanyak 34 kegiatan yakni 27 kegiatan untuk Aspal sepanjang 25,135 KM, 6 kegiatan Rigid sepanjang 3,098 KM serta 1 kegiatan untuk pengoralan sepanjang 2,34 KM. Untuk Jalan desa sebanyak 34 kegiatan yakni, 6 kegiatan Aspal sepanjang 3,397 KM, 20 kegiatan Rigid 8,089 KM serta 8 kegiatan pengoralan sepanjang 13,312 KM. Selanjutnya Jalan Non Status sebanyak 5 kegiatan diantaranya, 2 kegiatan untuk pengerjaan aspal sepanjang 1,166 KM dan 3 kegiatan Pengoralan sepanjang 6,512 KM.Jadi total keseluruhan untuk pembangunan jalan ada 73 kegiatan,” jelas Azhari.

Lanjut Azhari menjelaskan, Tidak itu saja dinas PU BM juga membangun Jembatan. Adapun jembatan yang akan dibangun sebanyak 20 kegiatan fisik diantaranya, 16 kegiatan untuk pembangunan jembatan yakni Jembatan Beton sebanyak 8 Unit, Jembatan Rangka 2 Unit, Jembatan Gantung 5 Unit serta Jembatan Besi 1 Unit. dan 4 kegiatan untuk Rehabilitas Jembatan diantaranya Jembatan Besi 2 Unit dan Jembatan Gantung 2 Unit,” Ungkap Azhari.

Lebih lanjut Azhari menjelaskan, Selanjutnya program kegiatan Strategis Peningkatan dan Pemeliharaan Jalan Kabupaten ( Aspal, Rigid dan Pengoralan ). sebanyak 25 kegiatan, diantaranya untuk Peningkatan Jalan Kabupaten sebanyak 15 kegiatan serta untuk Pemeliharaan Jalan Kabupaten sebanyak 10 kegiatan,” ujar Azhari

Masih dikatakan Azhari, Tidak itu saja dinas PU BM juga mendapat bantuan dana dari pusat berupa DAK dan DID untuk pembangunan Jalan Aspal, Pengoralan Dan Rehab serta Pembangunan Jembatan Gantung. Untuk dana DAK Reguler Jalan dan Trandes sebanyak 5 kegiatan serta dana DID sebanyak 3 kegiatan.itu termasuk program kegiatan Strategis tahun ini,” ucap Azhari.Seraya menambahkan, Selanjutnya untuk progran kegiatan Strategis lainnya yakni Pembangunan Jembatan sebanyak 14 jembatan.

Harapan kedepannya, Bupati sudah mengarahkan kepada pihak OPD untuk Dalam waktu cepat untuk mewujudkan Mulus dan Merata dengan upaya, sumber dana utama dan sistem pengerjaanpun akan dievaluasi kembali sehingga masyarakat bisa berdampak langsung, misalkan kita akan mengupayakan jalur-jalur panjang tuntas dalam 1 tahun,”Sesuai dengan Slogan PU Bina Marga ” Bekerja Keras, Bergerak Cepat, dan Bertindak Tepat,” pungkasnya. (Iman Santoso)