23 KPM Loderan Terima Bantuan BLT-DD, Kades Berharap Ini

Berita, Jawa Timur276 Dilihat

TULUNGAGUNG-Sebanyak 23 warga Desa Loderesan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yang tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Bantuan sosial ini disalurkan oleh Pemerintah Desa Loderesan di Balai Desa setempat,Selasa(14/02/2023).

Kepala Desa Loderesan Kusbani mengatakan, penyaluran BLT-DD sesuai dengan aturan adalah minimal 10% maksimal 25% dari dana desa yang diterima oleh masing-masing desa secara keseluruhan.BLT-DD yang dicairkan adalah untuk Januari , Februari dan Maret Tahun 2023, artinya setiap KPM menerima uang sebesar 900 ribu. Untuk Desa Loderesan sendiri, ada 23 KPM penerima BLT-DD.

“Untuk nominal bantuan, masing-masing per KPM menerima 300 ribu,karena 3 bulan yang mereka terima menjadi 900 ribu” kata Kusbani di Kantornya.

Menurut Kusbani, adanya BLT-DD sangat membantu warga khususnya untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem dan belum tercover bantuan sosial lainnya seperti program BPNT, PKH, BST maupun program sosial lainnya.

“Paling tidak BLT-DD bisa meringankan beban ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Sebagai Kepala Desa, Kusbani berharap BLT-DD bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya untuk memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan pokok masyarakat, bukan untuk dibelikan kebutuhan skunder bahkan kebutuhan tersier.

Kusbani juga menghimbau agar masyarakat tidak bergantung adanya BLT-DD, karena program itu sifatnya tidak permanen yang suatu saat pasti akan dihentikan.

“Semuanya antusias, tapi karena jumlahnya juga dibatasi, ya kalau masyarakat jika ada bantuan yang inginnya semuanya dapat,” ungkapnya.

Terkait dengan pemilihan KPM, kata Kusbani, semua sudah melalui prosedur yang ada, dengan usulan dimulai dari RT/RW kemudian dibawa ke Musyawarah Desa (Musdes) dan hasil Musdes di putuskan ada 23 KPM penerima BLT-DD.

“Insyaallah yang kita Musdeskan sudah tepat sasaran,” tutupnya. (dwi)