Akibat Hujan Disertai Angin Pohon Tumbang Timpa Tiga Rumah Warga

Jawa Timur221 Dilihat

 

Pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Dengan datangnya musim penghujan di wilayah Kabupaten Trenggalek, intensitas turunnya hujan disertai angin, semakin meningkat.

Kewaspadaan masyarakat sangatlah diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama musim penghujan.

Seperti kejadian tadi sore, tumbangnya pohon di beberapa titik di tepi sungai serta bertepatan di tepi jalan kabupaten dan di RT 12 dan RT 13 Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, Sabtu (15/1/2022).

Menimpa tiga rumah yang tepat dibawah atau disamping pohon tersebut.

Upaya pembersihan pohon tumbang tersebut, dilakukan oleh warga sekitar. Namun, dikarenakan telah malam hari, akhirnya pembersihan akan dilanjutkan besok, Ahad (16/1/2022). Dan penghuni ketiga rumah tertimpa pohon tadi telah mendapatkan bantuan sembako dari Dinsos Kabupaten Trenggalek.

Rencananya, lanjutan pembersihan ranting yang di tepi jalan serta pemukiman akan dilaksanakan oleh pihak BPBD Trenggalek, Tagana, Forkopimcam Gandusari, dan lingkungan, menggunakan mesin gergaji atau chainsaw serta sabit.

Kedepannya pihak OPD (Organisasi Perangkat Dinas-red) yang berwenang, harus memantau rutin tiga atau sampai empat kali dalam sepekan ke seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek, dan memastikan pohon-pohon besar yang berada di tepi jalan atau berada di kawasan pemukiman, dipotong atau ditebang, dalam artian untuk pemeliharaan serta menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan.

Apalagi ada petugas serta ditunjang anggaran yang telah tersedia.

Karena rasa aman dan nyaman warga serta masyarakat Trenggalek, harus diberikan oleh Pemkab Trenggalek sebagai rasa tanggungjawab atas penggunaan pajak dari masyarakat.

(bud)