Herman Deru Gandeng IKAFH UNDIP Edukasi Masyarakat Melek Hukum

Berita23 Dilihat

Palembang, pilarsumsel.com– Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga hadirnya organisasi DPD Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Diponogoro (IKAFH UNDIP) Provinsi Sumsel. Sebagai alumni Ilmu Hukum, dia ingin IKAFH UNDIP Sumsel dapat memberikan perannya ditengah masyarakat.

“Mari kita bersama-sama memberikan sebuah program yang edukatif sifatnya sosialisasi kepada masyarakat kita terkait degan sadar  hukum,” katanya saat  sambutan pada  Pelantikan DPD IKAFH UNDIP Provinsi Sumsel bertempat di Hotel Aryaduta Palembang, Sabtu (15/1).

Dikatakan, dalam mengedukasi masyarakat termasuk ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat pendidikan terendah hingga perguruan tinggi. Bahkan dirinya telah  menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) terkait edukasi Ilmu Hukum yang akan diterapkan hingga ke sekolah mendasar.

“Baru kemarin saya tandatangani Pergubnya sampai dengan sekolah dasar itu ada edukasi hukum. Artinya mereka nanti dapat pemahaman-pemahaman terkait ilmu hukum,” katanya.

Tak hanya itu saja, menurutnya dengan Perbug ini tentunya  Pemprov Sumsel akan mellibatkan semua elemen yang berkaitan dengan hukum untuk bergerak dilapangan termasuk mahasiswa-mahasiswa KKN untuk memberikan literasi hukum kepada masyarakat.

“Saya minta juga peran IKAFH UNDIP Sumsel paling tidak dilingkungannya baik di RT/RW hingga tingkat Kecamatan,” tuturnya.

Makanya pada forum yang sangat penting ini, bapak pembangunan Sumsel tersebut mengharapakan IKAFH UNDIP untuk memberikan ilmunya kepada orang banyak sebab ilmu hukum ini sangat luas.

“Selamat kepada kepengurusan ini, jalanakan tugas untuk menentramkan anggota dan juga masyarakat Sumsel,” tutupnya.

wahSementara itu, Ketua Umum IKAFH UNDIP Sumsel, Dr. Ahmad Redi mengatakan dewan pimpinan daerah IKAFH UNDIP Sumsel sudah dibentuk dan sudah terpilih DPD dan jajarannya.

“Ini merupakan pembentukan DPD pertama di Indonesia setelah ini kami akan membentuk di Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta. Kami berharap dengan dibentuknya IKAFH UNDIP Sumsel ini bisa memberikan pemenfaatan,” ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan DPD akan menjalankan program kerja telah digariskan oleh DPP ada 3 program kerja perioritas yakni alumni to alumni, alumni to kampus, alumni to society.

“Bagaimana DPD ini bisa memberikan pemanfaatan bagi sesama alumni di Sumsel kemudian kepada almamater kami di Undip dan kepada masyarakat di Sumsel,” tukasnya. (vin)