Ayah Said Aqil Siroj Disebut Anggota PKI Ternyata Hoax

Berita, Nasional, Utama452 Dilihat

NETIZEN yang satu ini rupanya perlu menimba ilmu lebih dalam. Pasalnya, dia mengunggah informasi yang menyebutkan bahwa orang tua KH Said Aqil Siroj merupakan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI). Katanya, nama bapak dari ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu adalah Achmad Dasuki Siradj.

”Eehhh,,, ternyata anak PKI. Pantas saja dia Bikin Islam Nusantara dan benci dengan aturan Islam,” bunyi keterangan dalam gambar yang diunggah akun Facebook Jon Kobra Kamis (30/9). Gambar itu mirip seperti yang diambil dari aplikasi percakapan WhatsApp.

Dalam unggahan akun Jon Kobra, ditampilkan kolase foto. Sebelah kanan memperlihatkan foto Said Aqil, diberi label ”Anaknya”. Lalu di sebelah kiri ada pria berpeci dengan tulisan Fraksi PKI dengan nama Achmad Dasuki Siradj (bit.ly/AnakPKI).

Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur KH Syukron Dosi menyatakan, informasi menyesatkan itu terus beredar berulang setiap September. Dia menambahkan, nama orang tua Said Aqil itu bukan Achmad Dasuki Siradj. Orang tua Kiai Said adalah KH Aqil Siroj dan Afifah Harun.

”Kiai Aqil Siroj itu ulama pengasuh Ponpes Kempek di Desa Kempek, Ciwaringin, Kabupaten Cirebon,” ujarnya sembari menunjukkan foto lama tahun 1988 pada Kamis (30/9). Pada foto itu KH Aqil Siroj berkunjung ke kediaman KH Maksum Djauhari atau Gus Maksum di Pondok Pesantren Lirboyo.

Syukron mengungkapkan, ayahanda Kiai Said, KH Aqil Siroj, lahir di Gedongan, Cirebon, pada 1920. Kemudian wafat pada 10 Agustus 1990. ”Jangan percaya. Saya juga dapat gambar itu di grup WA,” imbuhnya.

Sementara itu, gambar asli dari foto lawas Achmad Dasuki Siradj tersebut ada di situs konstituante.net. Situs itu menyuguhkan biodata, baik individu maupun kolektif, dari para anggota Konstituante atau Majelis Konstitusi, badan legislatif nasional terbesar di Indonesia pada 1950-an.

Achmad Dasuki merupakan anggota Majelis Konstitusi dari Fraksi PKI. Dia lahir pada 23 Mei 1903 di Surakarta. Data tersebut juga menyebutkan, Achmad Dasuki tinggal di Kampung Keprabon Dj. Ronggowarsito 33, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tentu, jika dibandingkan datanya, dua orang tersebut jelas berbeda, baik dari nama maupun tempat dan tanggal lahir keduanya. Anda dapat membacanya di bit.ly/OrangBerbeda.

FAKTA

Ayah Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj bernama KH Aqil Siroj. Dia adalah ulama sekaligus pengasuh Ponpes Kempek di Desa Kempek, Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Bukan Achmad Dasuki Siradj yang merupakan anggota Majelis Konstitusi dari Fraksi PKI.

(jawapos)