Bupati Muratara akan Adakan Sedekah Ramo

Berita, Sumsel, Utama608 Dilihat

MURATARA |PS- Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) akan menggelar sedekah Ramo, di lokasi objek wisata Danau Rayo. Tepatnya di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Provinsi Sumsel. Hal ini akan memancing animo kunjungan wisatawan.

“Sudah menjadi tradisi warga Muratara dalam beragam momen syukuran maupun hajat tolak balak, melakukan doa bersama dan sedekah ramo di tengah tanah lapang atau di pinggir aliran sungai,” kata Bupati Muratara, H Devi Suhartoni, Minggu (24/10/2021).

Baca Juga : Satpol PP Mura Gerebek Warung Remang-remang, Ini Hasilnya

Tradisi sedekah ramo masih lestari hingga saat ini dan rutin dilakukan warga Muratara setiap tahun. Menurut Devi, wisata awalnya muncul dari kegiatan dan kebudayaan masyarakat itu sendiri. Namun dikemas dengan tampilan yang unik, berbeda dengan kebudayaan ditempat lainnya.

Kondisi itu tentunya bisa menjadi daya magis yang bisa menyedot perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Mengembangkan potensi wisata, Pemkab Muratara juga berencana akan menggaet pihak ke tiga yang profesional agar mau berinvestasi dan ikut mengembangkan sektor wisata di Muratara.

Baca Juga : Jelang Piala Suratin & Piala Pertiwi, Spektra Trisula U-17 Gelar Latihan

“Biar di lokasi Danau Rayo itu bisa berkembang dan dibangun. Lokasinya khusus untuk objek wisata,” bebernya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muratara, Hj Titin Martini melalui sekertaris Hosiah menuturkan, pemkab Muratara saat ini tengah fokus melakukan beragam pembangunan di objek wisata Danau Rayo.

“Nanti di Danau Rayo itu akan di bangun jalan mengitari danau yang bisa digunakan pengunjung untuk keliling danau. Untuk pelaksanaan kita melibatkan TNI dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD),” katanya.

Pihaknya juga tengah melakukan persiapan Festival Cano Internasional yang bakal dilaksanakan di 2022 mendatang di lokasi objek wisata Danau Rayo.

 

Kisah Danau Rayo 

Kabupaten Muratara) merupakan daerah otonomi paling barat Sumsel. Pecahan dari Kabupaten Musi Rawas ini memiliki objek wisata indah dan alami yang saat ini tengah dikembangkan untuk menjadi objek wisata andalan.

Namanya Danau Rayo, terletak di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara. Danau ini memiliki panorama yang sangat mempesona, digenangi air sangat jernihsehingga dapat terlihat dasar dan ikan – ikan.