Ciptakan Lingkungan Bersih,  Kelurahan Betung  Lestarikan Semangat Gotong Royong

Utama186 Dilihat

BETUNG,PS-  Segenap Warga Rt.031 Rt.032 Rw. 009 kelurahan Betung Kecamatan Betung kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin  Melestarikan Semangat gerakan gotong royong, dan Jumat Bersih di lingkungan Rukun Tetangga (RT) Rukun Warga (RW) masing-masing pada Tiap Jumat (19/11/2021). Hal ini bertujuan untuk menambah keindahan dan kebersihan Lingkungan terhindar dari wabah

pandemi covid 19 dan memasuk musim pancaroba penyakit demam berdarah dengue (DBD) di lokasi Lingkungan jalan Kades Kelurahan Betung.

Lurah Betung Sudirman,S.Sos. M.Si,, yang ikut terjun langsung kegiatan ini mengatakan bahwa saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, gerakan gotong royong dan Jumat Bersih menjadi fokus utama untuk menjaga kebersihan dan keindahan Lingkungan  Tidak hanya di Perkarangan halaman rumah , tetapi  juga sampai ke seluruh lingkungan mulai dri drenase( saluran pembuangan rumah tangga dan jalan-jalan yang tergenang air  dengan melibatkan seluruh pegawai kelurahan dan masyarakat . Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih dan sehat adalah menumbuhkan rasa memiliki dikalangan masyarakat  akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan,  sehingga suasana di lingkungan  atau perkarangan rumah  akan terasa nyaman dan  dapat terpelihara dengan baik.

Bahwa kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang Rukun Tetangga( RT) yang bersih dan sehat sehingga nyaman. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memanamkan ke masyarakat  supaya selalu menjaga kebersihan lingkungan  “Semua orang memang menginginkan tempat yang bersih. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada semua warga masyarakat  untuk sama-sama menjaga kebersihan Lingkungan masing’ ujarnya.

Sudirman menbahkan, kegiatan ini juga selain mebentuk lingkungan yang sehat jauh dari wabah penyakit dan kembali menumbuhkan semangat Gotong Royong serta menjalin siraturahim antar warga lingkungan Rukun Tetangga  yang ada dikelurahan Betung sehingga bisa saling kenal dan bisa menimalisir masuknya orang  yang dari luar belum jelas indentitasnya. membawa pamah- paham radikal, jelasnya.

Ketua RW.009,  Sucipto didampingi Ketua RT 31,  Iwan Sarjani disambangi mengatakan bahwa, dengan adanya kegiatan Gotong Royong atau Jumat Bersih Kegiatan Kelurahan Betung menentukan perilaku hidup bersih, pola hidup sehat. Lingkungan  yang sehat akan mendukung program Kelurahan yang sehat dan nyaman rawan banjir .

“Kita harus membiasakan diri hidup sehat dan salah satu indikator hidup sehat adalah lingkungan yang bersih, jadi tidak di rumah saja harus bersih, di lingkungan sekitar kita dan di sepanjang jalan lorong kades.ini, katanya.

Saya harap ke depannya program bersih-bersih seperti Jumat Bersih dan Gotong Royong dapat terus dilaksanakan guna meningkatkan rasa nyaman, bersih, Indah dan sehat, tidak berdampak kebanjiran gorong-gorong tidak mampet selalu  di bersihkan tidak jadi sarang nyamuk malaria, sehingga memiliki rasa kecintaan pada wilayah lingkungan, yang sehat
kalau perlu diberikan penghargaan dan hadiah bagi Rukun Tetangga( RT) yang bisa me jaga Lingkungan Sesuai Program Gotong Royong ” ungkapnya.

Mulyadi warga masyarakat dalam.kegiatan ini mengapresiasi yang dilakukan Lurah Betung melestarikan lagi Gotong royong,  sangat senang kalau pemerintah kelurahan  mau turun tangan bersama masyarakat . jumat  bersih menggalakan gotong royong lagi, Pungkasnya. (Eggy)