Disdikbud Empat Lawang : Jangan Salahgunakan Android

Sumsel530 Dilihat

pilarsumsel online, 

EMPAT LAWANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih menyampaikan imbauan kepada seluruh sekolah yang ada di Empat Lawang untuk mengawasi siswa agar tidak menyalahgunakan android.

Halnya ini menyusul terjadinya kasus diduga bullying di salah satu SMP di Kecamatan Ulu Musi belum lama ini. Video tersebut beredar luas di media sosial.

“Kenakalan anak-anak ini biasa dan inilah tugas kita selaku guru, dan tentunya banyak dari kita menyaksikan kejadian-kejadian yang luar biasa terhadap jalannya proses pendidikan,” kata Rita.

Menurut Rita, tindak bullying terjadi karena faktor ketidakpedulian, baik ketidakpedulian dari teman, guru, maupun orang tua. Jadi sifat Senang Melihat Orang Susah Susah Melihat Orang Senang (SMOS), juga iri dan dengki, serta ego masih sangat mempengaruhi hal ini.

“Jadi memang peran guru, teman-teman, orang tua dan masyarakat sangat diharapkan,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Empat Lawang, Jhon Heri, menambahkan, kepada seluruh sekolah dan seluruh orang tua untuk memantau dengan ketat anak-anak agar tidak menggunakan gadget untuk hal yang tidak perlu. Selayaknya gadget digunakan untuk belajar daring, bukan untuk yang lain.

“Himbauan agar sekolah, guru kita, maupun orang tua untuk ketat memantau penggunaan android oleh siswa terutama pada masa KBM daring ini,” imbaunya. (KHS-03)