Herman Deru : Pers Menunjukkan Kematangannya di Usia ke 75 Tahun

Sumsel213 Dilihat

Pilarsumsel Online, 

Palembang – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 pada tahun ini digelar secara virtual. Acara digelar secara serentak nasional bersama Presiden RI, Joko Widodo.  Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menghadiri siaran virtual peringatan HPN di Griya Agung Palembang, Selasa (9/2/2021).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan pers sudah menunjukkan kematangannya pada usia ke-75 tahun. Dimana hampir seluruh penjuru di tanah air merayakan HPN. Peringatan HPN kali ini ada yang menarik dalam tema yang diambil “Pers sebagai akselerator perubahan”.

“Untuk itu sesuai dengan mottonya pers adalah akselerator pembaharuan merupakan motivasi bagi seluruh insan pers di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan dimana yang dimaksud dalam motto tersebut adalah mengenai perubahan dalam menyikapi new normal,” ujarnya.

Ia menambahkan, tatanan kehidupan kita yang banyak berubah dikarenakan Covid-19 ini makin menyadarkan bahwa kita adalah mahluk yang tidak berdaya, namun kita masih diberikan kesempatan untuk berupaya agar kita tetap survive dan tetap eksis meski menghadapi berbagai tantangan ataupun ancaman ekonomi maupun ancaman yang mengakibatkan terhentinya aktivitas sosial.

“Kita belum tahu sampai kapan covid-19 ini berakhir. Mudah-mudahan melalui penyajian pemberitaan yang sifatnya memotivasi akan memulihkan aktivitas sosial dan ekonomi kita,” katanya.

Lebih lanjut, ia memberikan sarankan kepada insan pers kita harus lebih agresif lagi mencari narasumber yang sangat terbatas saat ini dimana setiap pemberitaan kita tentu ada pengaruh dalam keseharian. Bagaimana menyebarkan berita itu kepada masyarakat melihat fungsinya yang sangat berdampingan bagi kemaslahatan masyarakat.

“Teruslah berkarya mencari solusi didalam membantu perekonomian masyarakat dalam mewujudkan percepatan pembangunan daerah, dengan pemberitaan – pemberitaan yang faktual dan menginspirasi,” pungkasnya. (vin)