Jaga Silaturahmi Untuk Tingkatkan Sinergi, SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Melalui KKKS Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4 Ramba Field Berkunjung ke Pj. Bupati Muba

Berita, Sumsel890 Dilihat

Sekayu – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PHR Regional 1 Zona 4 Ramba Field (PEP Ramba Field) berkunjung ke Kantor Bupati Musi Banyuasin dalam upaya peningkatan sinergi dan silaturahmi antara Perusahaan dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (16/5).
Pada kesempatan ini, Sr Manager PEP Ramba Field Hanif Setiawan melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Musi Banyuasin dalam rangka memperkuat tali silaturahmi dan sinergi program dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pj. Bupati yang telah mendukung operasional Perusahaan selama ini terkhusus di wilayah Musi Banyuasin. Kami berharap, dengan adanya pertemuan ini dapat menjaga silaturahmi dan meningkatkan sinergi antara Perusahaan dengan Pemerintah Daerah,” ujar Hanif saat melakukan kunjungan ke kantor Bupati Musi Banyuasin.
Kunjungan yang dilaksanakan juga membahas mengenai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang telah dilaksanakan oleh PEP Ramba Field di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Sr Manager PEP Ramba Field menyampaikan bahwa, “Kami memiliki beberapa program pemberdayaan masyarakat di wilayah Muba, di antaranya ada Muba Vocational Center (MVC) yang juga merupakan program sinergi antara Pemkab Muba, SKK Migas Sumbagsel dan KKKS di Wilayah Muba. Selain itu, adapun Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PEP Ramba Field yang sudah berjalan berada di Kelurahan Keluang yaitu berupa Pengembangan Pemanfaatan Toga Menjadi Pangan Olahan Sehat (BAGAPOS), selain itu ada juga di Kecamatan Babat Supat berupa Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP),” ucapnya.
Adapun pertemuan tersebut juga membahas fasilitas jalan PEP Ramba Field yang turut dimanfaatkan untuk akses masyarakat, “Kami berupaya menjaga agar jalan perusahaan selalu dalam keadaan baik, apalagi jika jalan tersebut turut dimanfaatkan oleh masyarakat. Kami meyakini peran serta masyarakat juga dibutuhkan dalam mengawasi aset jalan PEP Ramba Field agar tetap terjaga kualitasnya. Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan pemanfaat jalan agar berkontribusi dalam perbaikan dan perawatan,” ucap Hanif.
Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang diwaliki oleh Pj. Bupati Apriyadi Mahmud mengapresiasi program yang telah dijalankan oleh PEP Ramba Field di wilayah Musi Banyuasin. Namun, mengingat dengan besarnya potensi Gambir yang dapat diolah menjadi kain Gambo Muba, harapanya PEP Ramba Field dapat mengambil bagian dalam mensukseskan keberlangsungan UMKM Gambo Ini, baik melalui pendampingan maupun pemberian modal usaha bagi pelaku UMKM Gambo Muba. “Ya, kami berharap dalam realisasi pendampingan UMKM, Pertamina Ramba dapat memberi modal tambahan dan pemasaran untuk pelaku UMKM Gambo Muba,” ujar Pj. Bupati Apriyadi Mahmud saat menerima jajaran PEP Ramba Field.
Lanjutnya, ia juga meminta PEP Ramba Field agar konsisten dalam memperbaiki dan merawat jalan yang turut dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kami mengapresiasi jalan-jalan Pertamina yang secara konsisten telah diperbaiki sehingga masyarakat juga bisa merasakan dampaknya, Saya berharap konsistensi dari Pertamina dalam perbaikan jalan dapat terus terjaga. Selain itu saya minta agar Pertamina pro aktif dalam melakukan perbaikan jalan yang masih rusak,” tegasnya.
Di tempat berbeda Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin khususnya Pj. Bupati Musi Banyuasin beserta jajaran yang sudah menyambut baik kehadiran dari salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang beroperasi di Wilayah Musi Banyuasin yaitu KKKS PHR Regional 1 Zona 4 Ramba Field. “Semoga dengan pertemuan ini, semakin meningkatkan tali silaturahmi yang sudah terjalin antara SKK Migas – KKKS PHR Regional 1 Zona 4 Ramba Field bersama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan memperkuat sinergi bersama untuk menjalankan Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2012 tentang Peningkatan Produksi Minyak Bumi Nasional dan untuk mencapai visi bersama Nasional yaitu second golden area, 1 juta barrel per hari (BOPD) dan gas 12 milliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) di tahun 2030.” ujar Anggono.
Ditambahkannya pula bahwa kehadiran KKKS PHR Regional 1 Zona 4 Ramba Field tentunya mengharapkan dukungan penuh dari Pemkab serta Masyarakat dalam mendukung kegiatan operasional hulu migas di Kabupaten Musi Banyuasin agar dapat terus berjalan dengan lancar dan pendapatan DBH Migas Kabupaten Musi Banyuasin juga semakin meningkat. Untuk itu SKK Migas – KKKS PHR Regional 1 Zona 4 Ramba Field tidak hanya fokus pada target produksi tetapi juga fokus memberikan yang terbaik dalam mendukung pembangunan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) sebagai wujud nyata komitmen PHR Regional 1 Zona 4 Ramba Field kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. “Peran dan Dukungan Pemerintah Daerah terhadap kegiatan hulu migas untuk mengejar Target Produksi Migas sangat berarti bagi kami,” tutup Anggono. (fjm)