Kapolres Musi Rawas Utara dan Kades Sungai Jernih Bergerak Bersama Menurunkan Angka Stunting

Berita, Sumsel447 Dilihat

Musi Rawas Utara, 26 Juli 2023 – Kapolres Musi Rawas Utara, AKBP Koko Arianto Wardani, S.I.K., S.H, bersama dengan PJU Polres Musi Rawas Utara, KOMPOL Dedi Rahmad Hidayat, S.H., Kasi Humas AKP Baruanto, Kapolsek Rupit IPTU Khoiril Hambali, KBO Binmas IPDA Andy, dan kanit regiden IPDA Susarto, telah menginisiasi upaya untuk menurunkan angka stunting di Desa Sungai Jernih. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen Polres Musi Rawas Utara untuk turut serta dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada hari yang cerah, rombongan dari Polres Musi Rawas Utara dan perangkat desa berangkat ke Desa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Rupit, untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak yang mengalami masalah stunting, serta ibu menyusui. Dalam misi ini, Kapolres didampingi oleh Kades Sungai Jernih, Bapak Yutami, dan Kadus Desa, Bapak Japarin, yang merupakan kepala suku setempat.

Beberapa nama anak yang menerima bantuan dan pemeriksaan kesehatan stunting adalah sebagai berikut:

1. Nama: Riski Wansa
Umur: 2 tahun
Dusun 4, Desa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Rupit

2. Nama: Iqbal
Umur: 3 tahun
Dusun 3, Desa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Rupit

3. Nama: Angun Tridia
Umur: 3 tahun
Dusun 3, Desa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Rupit

4. Nama: Sabriyadi
Umur: 3 tahun
Dusun 3, Desa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Rupit

Kegiatan ini bukan hanya sekadar memberikan bantuan sembako untuk pertumbuhan anak berupa susu, telur, beras, mie instan, dan sebagainya, tetapi juga melibatkan tim medis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan dapat mendeteksi dini masalah kesehatan yang dapat menyebabkan stunting pada anak-anak serta memberikan edukasi kepada ibu-ibu tentang pentingnya gizi yang seimbang selama masa menyusui.

Kapolres Musi Rawas Utara, AKBP Koko Arianto Wardani, S.I.K., S.H, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polres terhadap masyarakat, terutama anak-anak yang merupakan penerus bangsa. “Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi warga Desa Sungai Jernih, dan kami berkomitmen untuk terus berperan serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kapolres.

Tak hanya fokus pada aspek penanganan stunting, Kapolres dan rombongan dari Polres Musi Rawas Utara juga berdialog dengan warga setempat untuk memahami permasalahan kesehatan dan sosial lainnya yang perlu mendapat perhatian. Semua upaya ini dilakukan dalam semangat kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat, menciptakan hubungan yang harmonis dan saling mendukung dalam membangun lingkungan yang lebih baik.

Dengan langkah nyata dan berbagai inisiatif seperti ini, diharapkan angka stunting di Desa Sungai Jernih dan sekitarnya dapat terus menurun, dan anak-anak serta ibu menyusui akan lebih sejahtera dan berpotensi tumbuh menjadi generasi yang sehat dan berprestasi. (Humas)