LKSS Bentuk Mahasiswa Bertanggung Jawab dan Menjadi Pemimpin

Utama17 Dilihat

 

Palembang – Ikatan Mahasiswa Musi Banyuasin (IMMUBA) menggelar Latihan Kepemimpinan Serasan Sekate (LKSS) ke- VIII dengan mengusung tema “Menciptakan Pemuda Daerah Yang Memiliki Jiwa Tanggumg Jawab dan Loyalitas terhadap Organisasi dan Bangsa”

Pelatihan ini dilaksanakan pada 28-31 Oktober 2021 di Wisma Maharani, jl Teuku Umar Palembang, Kamis (28/10/2021).

Staf Ahli Bidang Pembangunan kabupaten Musi Banyuasin H. Zabidi, SE. MM mengatakan, kegiatan pelatihan ini bagi mahasiswa perlu dilaksanakan untuk membentuk mahasiwa menjadi pemimpin.

“Buat mahasiswa perlu untuk menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan. Sesungguhnya mahasiswa itu sangat energik, orang-orang yang berintegritas. Memimpin itu tidak bisa instan, karena pemimpin yang instan tentu pada waktunya jatuh dan hancur,” ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan Dilatihan ini merupakan forum buat mereka ditempa dengan berbagai teori, dengan berbagai fakta bahwa memimpin itu butuh waktu dan latihan.Jadi LKSS ini menyiapkan diri bagi adik-adik mahasiswa untuk menjadi pemimpin di masa depan.

“Kami selaku pemkab Musi Banyuasin berharap para peserta yang dilatih hari ini paling tidak mereka menjadi orang-orang yang kritis bertanggung jawab. Selepas dari ini karena mereka menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin, kami juga butuh masukan dari rakyat, tokoh masyarakat, dan mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Muba Rahidin Anang mengatakan, pada pelatihan ini mahasiswa dapat mengimplementasikan dari teori yang didapat.

“Pada pelatihan kepemimpinan ini bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab. Orang yang bertanggung jawab itu akan kelak bisa menjadi pemimpin kedepannya paling tidak memimpin diri sendiri. Kita berharap mahasiswa Muba ini kita harapkan cikal bakal menjadi pemimpin Muba kedepan akan menjadi lebih baik,” harapnya.

Ditempat terpisah, Ketua Umum IMMUBA Vortuna menambahkan peserta yang mengikuti Latihan Kepemimpinan Serasan Sekate (LKSS) ke VIII Ikatan Mahasiswa Muba (IMMUBA) ini berjumlah 70 orang. Mereka mahasiswa yang kuliah di Palembang dan Muba.

“Dengan pelatihan kepemimpinan ini bisa memunculkan kader-kader, tokoh-tokoh yang tentunya bisa bersaing untuk menjadi pemimpin dimasa depan,” katanya. (vin)