Manfaat Madu dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Utama498 Dilihat


pilarsumsel online,

Sejak dahulu kala madu telah digunakan sebagai makanan dan obat. Madu bisa digunakan sebagai pengganti rasa manis gula yang tentunya lebih sehat.

Banyak produk kecantikan yang memakai madu sebagai bahan dasar karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi untuk kesehatan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaat madu bagi tubuh kita.

Manfaat madu sebagai kesehatan sering digunakan sebagai campuran beberapa merek minuman penambah stamina tubuh.

Madu sendiri merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Berikut adalah manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita:

Mencegah Diabetes

Madu dapat mencegah diabetes. Penyakit yang satu ini disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi lantaran banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis. Oleh karena itu, madu adalah solusinya.

Anda sebagaiknya mengganti gula dengan madu sebagai pemanis. Madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gular darah.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Menurut penelitian di School od Medicine, Cardiff University, Inggris, madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Berkat nutrisi dalam madu, metabolisme dan stamina tubuh akan meningkat.

Madu turut andil dalam mendetoks bakteri yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Itulah mengapa madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal segala penyakit.

Menurunkan Kolesterol Dan Berat Badan

Madu sejak dulu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit.

Madu juga dipercaya mampu menurunkan badan. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat dan perasan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan tersebut ampuh mengecilkan perut secara alami.

Madu dan jeruk nipis mampu mendorong pembakaran lemak secara efektif. Selain itu, bahan ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga lemak dan sisa makanan tidak terlalu lama mengendap dalam tubuh.

Sumber Energi

Madu merupakan cairan bertekstur kental dengan rasa manis yang diproduksi oleh lebah.

Asal tahu saja, lebah mengumpulkan gula dari nektar bunga. Lebah memanfaatkan madu sebagai cadangan makanan.

Merangkum dari Healthline, satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.

Kandungan tersebut membuat madu menjadi sumber energi yang baik. Glukosa dalam madu dapat diserap oleh tubuh dengan cepat dan memberikan dorongan energi langsung.

Sementara itu, fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat. Madu juga berperan menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda sulit tidur, tak ada salahnya mengonsumsi madu. Melansir dari NDTV Food, madu dapat melepaskan serotonin.

Oleh tubuh, serotonin akan dibuah menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur kualitas tidur. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat atau secangkir teh.

Sebagai Pembersih Luka Karena memiliki sifat antibakteria, salah satu manfaat madu adalah sebagai pembersih luka.

Aplikasikan madu ke luka bakar kecil atau luka ringan, lalu pelan-pelan gunakan seperti sedang menggunakan salep. Madu dapat membunuh bakteri dan membantu mempercepat waktu penyembuhan.(*/arl).


Sumber : siberindo.co