Menteri Perikanan dan Kelautan Resmikan Pasar Ikan Modern Palembang

Sumsel17 Dilihat

 

Palembang, pilarsumsel.com – Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Palembang, sekaligus Grand Launcing “Pasar Laut Indonesia, di Pasar Ikan Modern jl. MP. Mangku Negara 8 Ilir Kec. Ilir Timur II Palembang, Jum’at (6/11/2020).

Pasar ikan tersebut merupakan PIM yang pertama diluar pulau Jawa dan juga PIM yang ketiga yang ada Indonesia selain PIM Muara Baru Jakarta dan PIM Soreang, Bandung Jawa Barat.

Fasilitas PIM antara lain lapak ikan hidup, segar dan olahan sebanyak 154 unit, food court 10 unit, cold storage kapasitas 15 ton 1 unit, ice flake machine kapasitas 1,5 ton per hari sebanyak 1 unit, tempat bongkar muat, serta fasilitas penunjang berupa kantor pengelola, ruang promosi, ruang kesehatan, dan mushola.

Dalam sambutanya Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo mengatakan, pemerintahan Indonesia benar-benar fokus untuk mencari jalan keluar bagi masyarakat yang ekonominya sekarang sedang terpuruk.

“PIM ini adalah salah satu terobosan yang diharapkan untuk menjadi tempat para pelaku pengusaha kecil dan menengah bisa melakukan usaha secara nyaman. PIM ini diharapkan bisa menjadi jembatan perubahan kepada masyarakat nelayan, pedagang dan masyarakat konsumen,” ujarnya.

Ia menambahkan, kota Palembang khususnya dan Sumatera Selatan secara umum masyarakat Sumatera Selatan makanan utamanya selain nasi adalah ikan.

“Kita tahu makanan utama masyarakat kota Palembang selain nasi adalah ikan. Ikan adalah menu di meja kita dalam setiap makanan, jajanan selalu pada khasnya ikan yaitu pempek. Kalau memang dirasa perlu dibikin pasar ikan modern lagi di Palembang, kenapa tidak?,” ucapnya.

Ia menambahkan, keberadaan PIM Palembang diharapkan bisa mendekatkan hasil tangkapan ikan akan sampai dipasar dalam kondisi segar dan aman.

Sementara itu gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada semua yang telah hadir dalam peresmian pasar ini.

“Alhamdullilah Allah mengizinkan kita menerima pak menteri untuk meresmikan PIM ini. Kami sangat bangga dan berterima kasih tidak sia-sia bapak kami tugaskan di Jakarta, orang Palembang yang ditugaskan ke Jakarta,” ujarnya.

“Ide-ide yang disampaikan oleh Kementerian Kelautanan dan Perikanan sangat membantu kami bisa merubah mindset yang selama ini pasar ikan identik dengan bau, dan kumuh ternyata bisa merubah menjadi pasar yang bersih sehingga orang tidak segan datang ke pasar ini. Tempat penjualan ikan modern ini juga bisa masak disini dan menyediakan berbagai macam ikan. Ikan budidaya, ikan laut dan ikan sungai,” pungkasnya. (vin)