Pastikan Tumbuh Kembang Balita, Pemdes Kalibatur Rutin Gelar Posyandu

Berita, Jawa Timur500 Dilihat

Tulungagung, Pilarsumsel.com – Pembangunan infrastruktur Desa memang sebuah keharusan. Namun, infrastruktur yang bagus saja ternyata tidak cukup tanpa ada keselarasan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui program pemberdayaan dan pembinaan dimasyarakat.

Mewujudkan itu semua khususnya bidang kesehatan, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) secara rutin.

Kepala Desa Kalibatur Asim mengatakan, Posyandu merupakan pelayanan dasar di Desa kepada masyarakat dengan dibantu oleh petugas kesehatan. Kegiatan Posyandu juga bermacam-macam salah satunya adalah pemberian makanan tambahan.

Menurut Asim, adanya kegiatan posyandu bertujuan untuk meningkatkan gizi pada bayi dan balita, mengetahui tumbuh kembang pada bayi dan balita, serta pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil.

“Dengan adanya kegiatan posyandu ini diharapkan kesehatan masyarakat bisa lebih diperhatikan dan terpantau,” kata Asim di kantornya, Senin (6/3/2023).

Dalam menjalankan kegiatan posyandu Desa, para kader posyandu dibantu oleh petugas kesehatan atau bidan desa. Posyandu yang di gelar di Pos V Dusun Krajan Desa Kalibatur itu diikuti oleh 56 balita dengan diberikan pelayanan kesehatan serta asupan makanan yang bergizi seperti susu, roti, serta bubur kacang hijau secara merata.

“Kegiatan Posyandu ini rutin digelar setiap hari senin minggu pertama setiap bulannya,” tambahnya.

Sebagai Kepala Desa, Asim berharap kepada masyarakat untuk selalu hadir dan aktif dalam kegiatan posyandu untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga kecerdasan anak di Desa bisa meningkat.(dwi)