Pembukaan KKNT Unpal, Ini Yang Disampaikan Rektor

Berita780 Dilihat

Palembang – Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Pemagangan Universitas Palembang (Unpal) angkatan 37 tahun akademik 2022/2023 digelar di Aula Universitas Palembang, Senin (13/2/2023).

KKNT tahun ini mengambil tema “Meningkatkan Peran Serta Mahasiswa dalam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan mengembangkan Keterampilan untuk menghadapi Dunia Kerja” diikuti oleh 211 mahasiswa yang berasal dari enam program studi.

Rektor Unpal Zulkifli S Mukti, SH, MH diwakili Wakil Rektor I Unpal Johansyah, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu kurikulum atau mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan.

“KKN ini sama dengan mata kuliah lainnya tetapi pelaksanaannya berbeda kalau mata kuliah lain dilakukan secara tatap muka di kelas atau melalui zoom. Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu kunci perguruan tinggi adalah melaksanakan pengabdian bagi masyarakat yakni KKN,” ujarnya.

Lanjut, ia menuturkan pelaksanaan KKN sampai saat ini rata-rata perguruan tinggi baik negeri maupun swasta KKN ini masih dianggap salah satu pilihan yang terbaik untuk pelaksanaan kuliah kerja nyata dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

“Dengan pelaksanaan KKN ini kita harapkan mahasiswa yang telah mendapatkan berbagai macam teori selama di bangku kuliah dapat mempraktekkan secara langsung ditengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan pelaksanaan KKNT di Unpal ini telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Ini merupakan salah satu wujud untuk mendukung program pemerintah khusuy dalam perguruan tinggi dapat melaksanakan kurikulum yang mengacu kepada pengembangan kreativitas mahasiswa itu sendiri.

“Dalam angkatan-angkatan sebelumnya KKN itu dilaksanakan secara berkelompok disuatu tempat. Namun dengan ide metode sekarang KKN ini justru memacu kreativitas mahasiswa penetrasi dan suatu wujud mahasiswa itu adalah calon-calon intelektual,” katanya.

Masih katanya, pihaknya menitipkan pesan kepada mahasiswa yang mengikuti KKN yakni pertama melaksanakan kegiatan KKN dengan penuh tanggung jawab, berprilaku dengan baik di tempat instansi penempatan KKN atau magang jangan sampai melakukan perbuatan yang merugikan.

“Kedua kami harapkan dengan KKN ini juga apa yang diperoleh dalam pelaksanaan KKN ini tentu nanti saudara akan membuat tugas laporan hasil pelaksanaan KKN ini kita harapkan menjadi suatu karya ilmiah yang dapat ditingkatkan derajatnya menjadi tulisan yang bermutu,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana KKNT Unpal yang juga sekaligus Wakil Rektor III Asri Mulyadi, ST MT menambahkan, kegiatan hari ini merupakan suatu rangkaian kegiatan pelaksanaan KKN. Dimana pembukaan sekaligus pelepasan.

“Tadi telah di lepas oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I. Pelaksanaan KKN ini dimulai dari tanggal 13 Febuari sampai dengan 20 Maret 2023. Lokasinya yaitu sistem Pemagangan ditempat mereka masing-masing secara individu baik itu di instansi pemerintah maupun instansi swasta,” jelasnya.

Dikatakannya, mereka diikat dengan perjanjian kerjasama dengan instansi tersebut dari pihak instansi dengan pihak Unpal.

“Kegiatan ini pengawasan yaitu melalui dosen pendamping lapangan dsn dosen pengawas lapangan. Jadi dosen itu yang akan mendampingi para mahasiswa. Bagaimana pengawasan yaitu baik secara langsung maupun secara daring,” ujarnya.

Pihaknya dari kepanitiaan memberikan pengawasan juga oleh instansi tersebut. Juga pihaknya meminta penilaian dari instansi tersebut.

“KKN ini merupakan salah satu mata kuliah yang ada di program studi universitas. Jadi sifatnya wajib diikuti oleh mahasiswa yang sudah mendapatkan 100 SKS minimal semester enam. Ini menjadi agenda rutin bagi kami sehingga ini bisa membantu pemerintah dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembelajaran diluar kampus,” pungkasnya.(Fin)