Pemdes Tulungrejo, Salurkan BLT-DD Tiga Bulan Secara Bersamaan

Berita361 Dilihat

Tulungagung, Pilarsumsel.Com – Pemerintah Desa Tulungrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) bulan Januari, Februari dan Maret secara bersamaan. Bantuan sosial tersebut diterimakan kepada 27 warga yang tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Desa Setempat.

Kepala Desa Tulungrejo,Karyono mengatakan, pencairan BLT-DD bulan Januari, Februari dan Maret Tahun 2023 ini dilakukan bersamaan, dengan bantuan yang berjumlah tiga kali lipat itu diharapkan dapat digunakan dengan tepat.

“Dengan jumlah tiga kali lipat yang diterima ini, mudah-mudahan KPM bisa menggunakan bantuan itu dengan baik dan tepat sesuai kebutuhan,” kata Karyono, dikantornya, Jum’at (24/2/2023).

Lanjut Karyono, BLT Dana Desa ini mengacu pada aturan dampak Covid-19 bahwa alokasi yang bisa di pergunakan maksimal 25 persen dan minimal 10 persen dari total yang diterima Pemdes.

“Penerima adalah KPM yang layak mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Syarat lain, KPM yang menerima BLT ini juga bukan penerima Bansos lain seperti PKH dan BPNT.

Dalam penyerahan BLT DD ini, Kades Karyono didampingi sejumlah Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta warga setempat.

“Jumlah KPM tahun ini berkurang, ini hasil musyawarah dan kesepakatan RT dan RW. Para penerima manfaat ini adalah para lansia dan warga yang tak memiliki pekerjaan tetap, seperti untuk makan keseharian mereka saja susah,”ungkapnya.(dwi)