Penyaluran BLT-DD Desa Jabon Kabupaten Tulungagung Berjalan Lancar

Berita, Jawa Timur646 Dilihat

Tulungagung,Pilarsumsel.com-Sebagai sarana penguatan ekonomi rakyat, Pemerintah Desa Jabon, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Bertempat di Balai Desa, Pemerintah Desa Jabon menyalurkan dana BLT-DD awal tahun 2023 ini. Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Jabon Basri Mustofa dan dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas serta perangkat desa yang kompeten dan tokoh masyarakat pada kamis (16/2/2023).

Pada penyaluran tersebut tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) langsung menerima untuk tiga bulan sekaligus atau rapel, Januari, Februari, Maret dengan jumlah Rp 900.000,00 per KPM.

Menurut keterangan Kepala Desa Jabon Basri Mustofa mengatakan, Penyaluran BLT-DD tahun 2023 ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan Dana Desa, Bahwa mimimal 10% hingga maksimal 25% dari dana desa masing-masing Desa digunakan untuk BLT- DD.

Masih menurut Basri menjelaskan, Untuk penerima manfaat daripada BLT-DD ini adalah pada warga lanjut usia, warga disabilitas, warga rentan dan warga yang memiliki penyakit kronis dengan jumlah 27 KPM. Bagi warga masyarakatnya yang hari itu tidak bisa mengambil dikarenakan sakit, maka uangnya diantarkan oleh perangkat desa.

“Kami berharap dengan adanya penyaluran bantuan BLT-DD tahun ini bisa digunakan sebaik-baiknya serta dapat meringankan beban masyarakat,”harapnya.(AR)