Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba, Tunggu Jadwal Bupati

Berita, Sumsel76 Dilihat

PILARSUMSEL.COM, MUSI RAWAS- Sedikitnya 12 peserta terbaik, berhasil menjuarai tiga lomba dalam ajang Festival Lan Serasan Sekantenan Kabupaten Musi Rawas (Mura) tahun 2021, dalam rangka pelestarian kebudayaan daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Mura.

“Hari ini (kemarin, red) sudah melakukan penilaian terhadap para peserta yang mengikuti Festival Lan Serasan Sekantenan tahun 2021 Kabupaten Mura ini. Alhasil 12 peserta terbaik berhasil menjadi juara dari tiga lomba yang kita laksanakan,”kata Kepala Disbudpar, Syamsul Joko Karyono melalui Kasi Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Emiliana kepada Silampari Online (22/9/2021).

Dikatakannya, untuk diketahui tiga lomba yang dilombakan yakni lomba pantun, lomba film pendek/teater dan lomba gitar tunggal. Dimana masing-masing lomba diikuti sebanyak sembilan peserta yang merupakan, perwakilan sekolah, masyarakat dan juga pemuda dan pemudi yang tentu asli warga Kabupaten Mura.

“Pemenang sudah ditentukan dan disampaikan kepada pemenang, sedangkan untuk pembagian hadiahnya masih menunggu jadwal dari Bupati, dan insyaAllah kalu tidak ada halangan dilakukan Kamis mendatang,”jelasnya.

Menurutnya, adapun para pemenang tersebut, tentu merupakan peserta terbak dari yang terbaik juga. Untuk diharapkan, kegiatan ini dijadikan motivasi untuk terus belajar agar lebih baik lagi kedepannya. Dimana setiap pemenang akan mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan yang telah disiapkan oleh panitia.

Kemudian, Festival Lan Serasan Sekantenan sendiri dilaksanakan dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah. Dimana pelaksanaannya merujuk surat Kementrian Kebudayaan, bahwa setiap Kabupaten/Kota diharukan melakukan pekan kebudayaan daerah (PKD).

Hanya saja, pelaksanaannya ditahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Mengingat saat ini masih pandemi, maka festival dilakukan secara daring atau vidio.Emil menambahkan, untuk pendaftaran dimulai sudah dibuka sejak 16 Agustus lalu dan akan ditutup hingga 20 September mendatang. Dimana, nantinya  setiap peserta harus mengirim vidio ke Disbudpar Mura dalam bentuk soft copy dengan format MP4 dengan minimal resolusi 1920×1080 atau resolusi HD.

“Dalam festival ini, setiap peserta atau kelompok dipersilahkan mengusung judul cerita atau syair masing-masing, namun temanya melestarikan kebudayaan Musi Rawas. Jadi tidak dibatasi, hanya saja diberikan tema agar tidak melenceng. Khusus untuk film pendek atau teater, durasi minimal 5 menit dan maksimal 15 menit,”ungkapnya.

Untuk diketahui adapun para pemenang Festival Lan Serasan Sekantenan Tahun 2021

* LOMBA GITAR TUNGGAL
1. Juara 1 : H Abusani Ali (Kec. Muara Kelingi)
2. Juara II : Gopar (Desa Rantau Serik)
3. Juara III : Desa Margoyoso
4. Favorit : Tarmizi (Desa Sumber Asri Kec. Sumber Harta)

* LOMBA PANTUN
1. Juara 1 : Veemasha Dwi Martino (SMA N Tugumulyo)
2. Juara II : SMA N 2/SMA N 8 Musi Rawas
3. Juara III : Syamsuri (Desa Paduraksa Kec.STL Ulu Terawas)
4. Favorit : H Hasdi (Kec. TPK)

* LOMBA FILM PENDEK/TEATER
1. Juara 1 : SMA N 2/SMA N 8 Musi Rawas (Mandi Kasai)                                                            2. Juara II : Kecamatan Jayalokas (Turak Bebise)
3. Juara III : SMA N Tugumulyo (Aksara Ulu)
4. Favorit : SMA N 9 Musi Rawas (My Culture-My Identity).