Posyandu Desa Sanan, Sarana Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Dan Cegah Stunting

Sumsel358 Dilihat

Tulungagung, Pilarsumsel.com – Dalam memantau tumbuh kembang balita dan anak-anak, Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung masih rutin gelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dalam setiap bulannya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak. Posyandu Desa Sanan juga melakukan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan meningkatkan imun. Dalam menjalankan kegiatan posyandu Desa, para kader posyandu dibantu oleh petugas kesehatan atau bidan desa.

Kepala Desa Sanan Sujianto mengatakan, Posyandu adalah bentuk kerjasama pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.

Menurut Sujianto, kegiatan Posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat, selain itu Posyandu juga sebagai wadah peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar.

“Posyandu sebagai sarana untuk peningkatan kualitas manusia,” kata Sujianto di Kantornya. Selasa (7/3/2023).

Selama ini, kegiatan Posyandu Desa Sanan meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat, pelayanan ibu dan anak serta ibu hamil, ada juga pelayanan untuk lansia dan bina remaja. Selain itu, Posyandu juga bisa menjadi ajang para ibu-ibu untuk menambah wawasan dan pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak.

“Untuk posyandu yang ada di pos 1 Dusun Karangan Desa Sanan, ada sekitar 50 balita,” tambahnya.

Tujuan dari kegiatan Posyandu, lanjut Sujianto, untuk mengetahui kondisi balita atau tumbuh kembang balita, serta menjalankan program pemerintah tentang pencegahan stunting. Dan kegiatan Posyandu, dilakukan dibawah pengawasan Bidan Desa dari Puskesmas Desa Sanan.

Sebagai Kepala Desa, dirinya berharap kegiatan Posyandu bisa meningkatkan kesehatan masyarakat dan menambah pengetahuan masyarakat dalam menjalankan kehidupan keluarga yang sehat, sehingga tercipta SDM yang unggul di Desa Sanan. (Dwi)