Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Nglinggis Tugu, Salah Satu Proyek Strategis Nasional

Jawa Timur420 Dilihat

 

 

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini sangatlah dinantikan oleh masyarakat kota kripik tempe, yaitu Kabupaten Trenggalek.

 

Mereka sejak dari pagi menunggu Joko Widodo mendarat di lapangan Stadion Menak Sopal Kelutan Trenggalek menggunakan helikopter dari Pangkalan TNI AU Iswahyudi Maospati Magetan, Jawa Timur.

 

Sejak pukul 08.00 WIB, masyarakat Trenggalek yang terdiri dari anak-anak hingga manula memadati sepanjang jalan yang akan dilalui oleh RI 1 tersebut.

 

Dimulai dari lapangan Stadion Menak Sopal Kelutan menuju Jalan Soekarno-Hatta ke utara hingga pertigaan Polres lama ke kiri, masuk Jalan Yos Sudarso Ngantru, ke barat menuju Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo melewati Desa Buluagung Kecamatan Karangan, Desa Nglongsor, Desa Gondang, Desa Sukorejo, Desa Pucanganak, dan terakhir Desa Nglinggis Kecamatan Tugu.

 

Maklumlah, Kabupaten Trenggalek adalah kota kecil yang daerah wilayahnya sebagian besar pegunungan dan tepat berada di pesisir selatan pantai Jawa. Serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Tulungagung. Serta masyarakatnya sebagian besar berpenghasilan sebagai petani.

 

Kegiatan Presiden RI, Joko Widodo, yang paling utama adalah meresmikan Bendungan Nglinggis Tugu di Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

 

Setelahnya, akan meninjau pertanian di Desa Buluagung Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.

 

Kegiatan RI 1 di Kabupaten Trenggalek tersebut, dijadwalkan hingga pukul 13.00 WIB. Dan akan kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Iswahyudi Maospati Magetan, Jawa Timur.

 

Dikutip dari laman Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, pembangunan Bendungan Tugu merupakan Kegiatan Pengembangan Sub Basin Kali Ngrowo yang merupakan rangkaian Kegiatan Pengembangan Wilayah Kali Brantas yang memanfaatkan aliran sungai Kaser yang merupakan salah salah satu sumber mata air yang sangat potensial untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek.

 

Dengan dibangunnya Bendungan Tugu, potensi sumber air yang dapat dimanfaatkan selain untuk penyediaan kebutuhan irigasi, juga dimanfaatkan sebagai pemenuhan air baku dan pengendalian banjir khususnya di wilayah Kabupaten Trenggalek.

 

Bendungan Tugu lokasinya di Desa Nglinggis Kecamatan Tugu, di KM 15, dari Kota Trenggalek, di sisi kiri jalan Nasional.

 

Memanfaatkan aliran sungai Kaser yang berada di perbukitan Gunung Temon dan Gunung Kuncung.

 

Dibangunnya Bendungan Tugu ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi di Ngasinan seluas 1.300 ha, penyediaan air baku 12 liter per detik, untuk menanggulangi atau mengantisipasi terjadi banjir tahunan di Kabupaten Trenggalek dengan debit air sebesar 76,21 m³ per detik, potensi PLTM sebesar 0,4 MW, dan sebagai sarana wisata.

 

Sedangkan kebutuhan lahan Bendungan Tugu adalah 104 ha, dengan rincian sebagai berikut, luas area genangan 34,10 ha, luas tapak bendungan dan fasilitas 26,97 ha, luas Green Belt 11,60 ha, dan luas Borrow Area 31,33 ha.(bud)