Presiden Jokowi Segera Resmikan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

Bengkulu, Berita1041 Dilihat

Pengerjaan pembangunan tol Bengkulu-Lubuklinggau tahap I yakni, wilayah Bengkulu-Taba Penanjung, terus digenjot PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Dan diperkirakan Maret mendatang pengerjaan tol sudah dipastikan selesai dan akan langsung diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Artinya tinggal empat persen lagi untuk menyelesaikan pengerjaan. Empat persen pengerjaan ini hanya menuntaskan pengerjaan saluran air, penyelesaian tebing-tebing dan item kecil lainnya.

“Kalau untuk pembuatan bagian jalannya pada saat ini sudah selesai semua sepanjang 17,6 Km tersebut. Dengan kondisi yang menyisakan pengerjan empat persen ini, maka PT HKI sudah menargetkan untuk pengerjaan tol tahap I ini akan selesai pada bulan Maret mendatang. Kemudian persiapan untuk peresmiannya dan bulan April akan langsung diresmikan,” jelas Nasaruddin.

Jika tidak ada perubahan, biasanya langsung Presiden yang meresmikan tol nantinya. Setelah diresmikan tol tahap satu sepanjang 17,6 Km ini sudah bisa digunakan atau dilalui.

“Biasanya untuk masa percobaan, masyarakat yang ingin mencoba jalan tol diberikan free atau gratis terlebih dahulu. Mengenai waktunya sampai kapan, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Namun biasanya masa gratis menggunakan jalan tol tersebut tidak lama dan hanya berkisar 10 hari,” ujar Nasaruddin.

Selain itu, untuk pengerjaan tol Bengkulu-Lubuklinggau tahap II sampai saat ini belum dipastikan. Sebab diperkirakan setelah mengerjakan tol tahap I Bengkulu-Lubuklinggau ini, pihak PT HKI akan mengerjakan pembangunan tol yang berada di wilayah Provinsi Jambi. Mengingat hingga saat ini Provinsi Jambi yang belum ada pembangunan tol.

“Kalaupun nanti ada lanjutan pengerjaan tol tahap kedua, kemungkinan pengerjaan tidak akan dilanjutkan dari Taba Penanjung hingga Kepahiang atau Curup dan kemungkinan akan dilanjut dari Lubuklinggau hingga ke Curup.

“Sebab pengerjaan tol dari Taba Penanjung menuju Kepahiang merupakan pengerjaan yang paling sulit dan memakan waktu yang lama karena akan membuat terowongan di gunung yang berada di wilayah liku sembilan tersebut,” jelas Nasaruddin.

Total keseluruhan panjang jalan tol Bengkulu-Curup-Lubuklinggau yang akan diselesaikan sepanjang 95,80 Km dengan biaya investasi mencapai Rp37,6 triliun. (jee/rakyatbengkulu.com)