Rektor Unsri Kukuhkan 1610 Alumni Baru Secara Virtual

Berita585 Dilihat

Palembang, pilarsumsel.com– Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar wisuda ke-158 secara virtual di Gedung Tower Fakultas Hukum Unsri Palembang, Rabu (16/2/2022). Sebanyak 1610 wisudawan yang diwisuda yang terdiridari DIII, S1, Profesi, Spesialias, Sub Spesialis, S2 dan S3.

Rektor Unsri Prof Dr H Anis Saggaf, MSCE, IPU mengatakan, pihaknya sangat bangga karena wisuda kali ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan. Karena anak beliau telah menyelesaikan studi sarjana kedokteran dengan peringkat sangat memuaskan (cumlaude).

“Saya ucapkan selamat kepada orangtua atau wali yang berhasil memegang amanah dari Allah SWT kewajiban mendidik anak di Unsri,” ujarnya.

Lanjut, ia menyampaikan rata rata mahasiswa Unsri tamat saat ini yakni semester 7 dan 8 untuk S1.

“Unsri sejak pertama saya jadi Rektor berusaha agar mahasiswa tepat, cepat dan kualified. Ini diikuti dosen, dan mahasiswa. Mereka benar benar mengikuti,” ujarnya.

Kemudian, ia mengatakan anak-anak yang masuk ke Unsri ini, persaingannya sangat ketat samapi ke tingkat nasional.

“Sekarang tinggal sedikit lagi, yang masih belum menamatkan kuliahnya pada 8 semester. Kita tidak lagi pakai konsep alon -alon asal kelakon. Kita pakai konsep terstruktur, mahasiswa bisa bisa tamat S1 dalam waktu 7 semester, dan bisa tamat dari S1 dan lanjut ke S2 dengan waktu 5,5 tahun, “tuturnya.

Ia mengungkapkan, target pemerintah lulusan kuliah itu terserap 80 persen di dunia kerja. Tapi itu butuh proses, harus ada konetivitas dari dunia industri, lembaga, dosen dan civitas.

 

“Unsri sudah banyak melakukan kerjasama dengan Pusri, PLN, PTBA, dan perusahaan besar lainnya. Perguruan tinggi ini banyak se Indonesia ada 4.800 PT negeri dan swasta. Dan untuk PT Negeri ada sekitar 200 PTN. Oleh sebab itu, lulusan kita himbau untuk tidak hanya ingin mengabdi di perkotaan saja tapi juga di daerah agar cepat terserap di dunia kerja, ” tandasnya.

Ia berpesan kepada para wisudawan bisa menfaatkan keilmuannya yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh orangtua dan alumni wisuda pada hari ini. Semoga keilmuannya menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Kami berpesan agar selalu menjaga dan menghormati orangtua berbuat baik kepada semua manusia mendoakan mereka, alumni harus selalu jujur, amanah menjaga etika dan moral cinta almamater, cinta bangsa dan tanah air,” pungkasnya. (vin)