Sebanyak 17 Personil TRC BPBD kabupaten Muba Ikuti Pelatihan Water Rescue Dari Basarnas Sumsel

Berita, Sumsel1461 Dilihat

Palembang – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sumsel dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (BPBD Muba) menggelar pelatihan pertolongan di permukaan air yang digelar di Gedung serbaguna Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, Senin (5/6/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari tanggal 5 Juni sampai dengan 10 Juni 2023 yang dikuti 17 personil TRC BPBD Kabupaten Muba.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Basarnas Sumsel Hery Marantika S.H., M.Si, Ir. H. Pathi Riduan, SE., ATD., IPP., MM Kepala pelaksana BPBD kabupaten Muba.

Kepala Basarnas Sumsel Hery Marantika S.H., M.Si mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan selama lima hari dimulai dari tanggal 5 Juni sampai dengan 10 Juni 2023.

“Selama lima hari kedepan ini kami dari Basarnas Sumsel melatih personil dari BPBD kabupaten Muba untuk memiliki kualifikasi serta resuce di bidang pertolongan di permukaan air,” ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan peserta akan diberikan pelatihan dan terakhir akan melakukan aksi-aksi SAR pada saat setelah pulang ke kabupaten Muba.

“Kita membentuk, menciptakan SDM yang handal, tangguh sesuai dengan SOP. Jangan sampai dilapangan kita mencari korban tapi kita yang dicari,” tutupnya.

Sementara itu, Ir. H. Pathi Riduan, SE., ATD., IPP., MM Kepala pelaksana BPBD kabupaten Muba, mengucapkan terima kasih kepada kepala Basarnas Sumsel yang telah melatih dan mendidik personilnya dalam pelatihan pertolongan air.

“Tujuannya untuk menambah kualifikasi. Selama ini kami memang belum memiliki anggota yang memiliki kualifikasi khususnya dalam penyelamatan air,” ujarnya.

Pada kesempatan ini pihaknya diberikan kesempatan untuk melatih atau mendidik anggotanya melalui Basarnas Sumsel.

“Kita menyiapkan tenaga SDM untuk penyelamatan khususnya di kabupaten Muba. Untuk tahap ini sebanyak 17 orang yang ikut pelatihan. Setelah ini juga akan kita adakan lagi kerjasama lebih lanjut untuk pendidikan dari anggota kami khususnya masalah penyelamatan pemadaman api karhutla,” tutupnya. (Fin)