Tingkatkan Literasi di Provinsi Sumsel, Dinas Perpustakaan Provinsi Akan Adakan Festival Literasi Sumsel 2021

Sumsel, Utama395 Dilihat

 

Palembang – Kepala Dinas Perpustakaan Daerah provinsi Sumatera Selatan mengadakan rapat Finalisasi kegiatan Festival Literasi Sumsel di Aula Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, jl. Demang Lebar Daun Palembang, Jumat (29/10/2021).

Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva Herman Deru mengatakan, festival literasi ini bersama dengan Dinas Perustakaan Provinsi Sumsel, kami ingin menyebarkan mengenai literasi.

“Kita ingin meningkatkan literasi di provinsi Sumsel karena literasi di Sumsel pada saat ini masih rendah,” ujar putri bungsu dari Gubernur Sumsel Herman Deru.

Gadis yang akrab disapa Iva ini menuturkan, melalui festival ini kami ingin menyuarakan secara besar-besaran sehingga banyak yang tertarik mengenai literasi.

“Sehingga banyak minat dari pemuda maupun dari segala rentang usia dan masyarakat untuk bisa lebih tertarik dengan literasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si, mengatakan pada rapat kali adalah rapat finalisasi terkait kesiapan penyelenggaran Festival Letirasi Sumsel 2021.

“Kita mengundang semua calon peserta mulai dari isian booth untuk pameran yang diikuti oleh 16 kabupaten/kota, kemudian diikuti oleh Komunitas Literasi, Dekranasda, dan juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” ujarnya.

Lanjut, ia menambahkan kami juga menyampaikan teknis-teknis terkait penyelenggaraan lomba. Festivalnya akan diadakan di Bukit Siguntang.

“Kegiatan nanti yakni pengukuhan Duta Literasi Sumsel, Pengukuhan Bunda dan Bapak Literasi Sumsel, pemberian penghargaan kepada para tokoh masyarakat, pejabat publik, pengiat literasi dan komunitas yang sudah berkontribusi aktif terhadap kemajuan literasi Sumsel,” bebernya.

Kemudian acara diisi dengan fashion show dari 17 kabupaten/kota yang menampilkan pakaian adat masing-masing. Lalu penampilan drama yang berasal dari kerarifan lokal. Kemudian ada lomba da pameran.Pameran kita ada dua yaitu pameran secara offline yang diseleggarakan langsung diarea dan secara virtual.

“Ada juga lomba diantaranyalomba baca tulis itu resensi buku, lomba sains, lomba numerik, lomba literasi financial, dan juga ada lomba liputan literasi. Acara akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 November 2021. Kami berharap semoga acara ini berdampak baik dan bermanfaat bagi warga Sumsel,” pungkasnya. (vin)