Upaya Pemkab Trenggalek Untuk Bangkitkan Perekonomian Melalui Program Desa Wisata

Berita, Jawa Timur42 Dilihat

 

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Tahun 2020 merupakan tahun yang dinamis bagi Indonesia, terutama dalam menghadapi pandemi corona virus disease (COVID-19).

Melihat kondisi ini, pemerintah ditantang untuk bisa bergerak cepat dalam mengambil keputusan-keputusan yang tepat salah satunya adalah Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Tak terkecuali Pemerintah Daerah Trenggalek pun harus melakukan langkah serta upaya-upaya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Salah satunya dengan program Sadewa (Seratus Desa Wisata-red) yang dicanangkan oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, pada bulan Desember 2021 yang lalu.

Harapannya adalah mengangkat perekonomian wisata di Kabupaten Trenggalek.

Bak gayung bersambut, program Sadewa pun ditanggapi serius oleh Pemdes Wonocoyo Kecamatan Pogalan, sekaligus rumah kediaman orang tuanya Bupati Trenggalek.

Dengan gotong royong warga dan masyarakat Desa Wonocoyo, maka didirikanlah tempat desa wisat yang diberi nama WBC (Wonocoyo Bersih dan Cantik-red).

Dibangun diatas tanah kas desa yang terletak di Dusun Bandulan RT 11 RW 05.

Memiliki fasilitas area bermain anak, tempat pertemuan, tempat istirahat, dan tempat kuliner yang memanjakan lidah bagi pengunjungnya.

Diresmikan oleh Bupati Trenggalek, melalui Pj. Sekretaris Daerah, Anik Suwarni, Jum’at (7/1/2022).

“Semoga tempat desa wisata ini sebagai daya ungkit untuk membangun serta membangkitkan perekonomian masyarakat Desa Wonocoyo,” pungkas Anik.

 

(bud)