Genset, Puskesmas Lais Minta Bantuan Medco  

Sumsel919 Dilihat

pilarsumsel online,

LAIS-Untuk mengantisipasi padamnya listrik atau byar pet di wilayah Kecamatan Lais, khususnya di Puskesmas Lais, yang akan menyimpan vaksin covid 19, pihak UPT Kesehatan Lais telah berkoordinasi dengan PT Medco E& P Indonesia, dalam pengadaan genset otomatis.

“Kita juga berharap bantuan PT Medco untuk mempersiapkan genset otomatis guna mengantisipasi padamnya listrik,” demikian dikatakan Kepala Puskesmas Lais Leli Hefni SKM Mkes, saat ada peninjauan tim Forkopincam Lais, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi bersama Kapolsek Lais AKP Herman Junaidi SH dan Danramil 401-03/Sekayu Kapten Arm Arpriyanto.

Baca Juga : Polsek Lais Siap Amankan Vaksinasi Covid 19

Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan, peninjauan ini dimaksudkan guna melihat langsung persiapan pihak puskesmas, mulai dari standar operasional prosedur (SOP), sumber daya manusia (SDM), logistik, serta proses pelaksanaannya, sebelum dilakukannya proses vaksinasi covid-19 di tiga puskesmas dalam Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

“Salah satu kita meninjau Puskesmas Lais, Alhamdulillah semua sudah ada persiapan. Tinggal saja dalam mengantisipasi padam listrik, kita sudah berkoordinasi dengan pihak PLN termasuk meminta bantuan PT Medco E&P Indonesia dalam hal persiapan genset,” jelas Demoon, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga : Realisasi Vaksin di Muratara Belum Dipastikan

Ditambahkan, Kepala Puskesmas Lais Leli Hefni SKM Mkes mengatakan telah mempersiapkan dalam penerimaan distribusi vaksin hingga vaksinasi antisipasi Covid-19.  Namun dirinya juga mengatakan, salah satu faktor pendukung terealisasinya vaksinasi ini dengan sukses adalah listrik. “Sensitifitas perubahan suhu dalam penyimpanan vaksin ini juga harus kita perhatikan, oleh karena itu faktor utamanya adalah listrik,” jelasnya.

Baca Juga : Realisasi Vaksin di Muratara Belum Dipastikan

Oleh karena itu, Leli mengatakan selama proses penyimpanan hingga terealisasinya vaksinasi, diharapkan listrik tidak byar pet atau sering mati dalam waktu cukup lama yang mengakibatkan adanya perubahan pada vaksin tersebut. “Kita berharap listrik tidak sering padam,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Teluk Kijing Hafizin SKM mengatakan, pihaknya juga telah mempersiapkan proses kedatangan vaksin Covid-19 hingga pelaksanaan vaksinasi. “Alhamdulillah kita sudah siap, termasuk mempersiapkan genset dan tenaga surya guna mengantisipasi padamnya listrik,” pungkasnya. (Ray)

 

Sumber : headlinesriwijaya.com