Jadikan Profesi Satpam Sebagai Profesi Yang Mulia

Sumsel542 Dilihat

Palembang – Pelantikan dan Pengukuhan DPD Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Sumatera Selatan diselenggarakan di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Jalan Tasik Palembang, Jumat (5/11/2021).

Turut hadir Gubernur Sumsel H.Herman Deru, Kapolda Sumsel yang di wakili Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol.Heru Trisasono S.I.K., M.Si, Ketua Umum APSI Azis Said, Ketua DPD APSI Sumatera Selatan Rano Karno. S,Ag,MH, Pangdam II/Swj yang di wakili, ketua DPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumatera Selatan Novianto atau Boy, Ketua DPD APSI Jambi Riyanto Junaedi, Ketua DPD APSI Lampung Andri dan segenap pengurus APSI Pusat dan Daerah Sumsel.

Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengucapkan selamat atas dilantiknya ketua dan kepegurusan APSI SUmsel.

“Saya bangga karena profesi ini adalah profesi terhormat sekali, profesi mulia membantu tugas-tugas pengamanan baik di lingkungan dan perusahaan,” ujarnya.

Lanjutnya, ia meminta kepada APSI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Melalui pelatihan-pelatihan termasuk IT.

“Karena pelaku kejahatan juga menyerang di Cyber. Jadi harus mengadakan pelatihan komputer dan lain sebagainya,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua APSI Sumsel Rano Karno mengatakan dengan terbentuknya APSI Sumsel kami akan segera melakukan restrukturisasi organisasi di cabang-cabang.

“Agar kiranya bisa lebih memperhatikan seperti yang diminta oleh pak gubernur untuk menjadikan satpam itu sebagai profesi yang mulia. Tidak lain dan tidak bukan menjadikan wadah tempat berlindung anggota satuan pengamanan Indonesia,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, jumlah anggota satpam melalui pendidikan dasar satpam sekitar 16.300 orang se-Sumsel. Untuk pengurusan DPC sudah dipersiapkan di 8 Kabupaten/kota yakni Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Lubuk Linggau, dan Muratara.

“Kami berharap bisa bersinegri dengan aparatur setempat dan yang lebih penting bisa bersinegri dengan badan usaha jasa pengamanan untuk bersama-sama meningkatkan nilai profesi satpam,” pungkasnya.(vin)