Jalankan Aturan Pemerintah Pusat,Pemdes Panggungkalak Salurkan BLT-DD Pada 22 KPM

Berita, Jawa Timur427 Dilihat

PILARSUMSEL.COM-Pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI, telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) 104 Tahun 2021 yang menekankan bahwa BLT-DD dianggarkan sebesar paling sedikit minimal 10% maksimal 25% dari pagu dana desa yang diterima setiap desanya pada tahun 2023.

Menjalankan aturan itu, Pemerintah Desa Panggungkalak Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung mulai mencairkan BLT-DD kepada 22 KPM di Balai Desa setempat, Jum’at (13/02/2023).

Kepala Desa Panggungkalak Surani Aldjiman mengatakan, BLT-DD yang dicairkan adalah untuk Januari , Februari dan Maret Tahun 2023, artinya setiap KPM menerima uang sebesar 900 ribu.

“Per KPM 300 ribu, karena 3 bulan yang diterima mereka menjadi 900 ribu,” kata Nurani Aldjiman di Kantornya,Senin(13/02/2023).

Surani Aldjiman menjelaskan, penetapan jumlah KPM BLT-DD 2023 dilakukan melalui Musyawarah Desa (Musdes), dan Musdes itu merupakan tindak lanjut validasi data warga yang dinyatakan layak menerima BLT-DD yang sebelumnya diajukan oleh Ketua RT atau tokoh masyarakat.

Dalam Musdes, dilakukan verifikasi dan validasi data untuk menentukan layak atau tidak penerima bantuan sesuai dengan kriteria calon penerima BLT-DD yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 190 Tahun 2021.

Kriteria yang dimaksud seperti keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis, atau warga lanjut usia yang hidup sebatang kara.

“Kepada warga yang namanya belum masuk KPM BLT-DD jangan berkecil hati, insyaallah masih ada bantuan pemerintah lainnya yang dapat kita usulkan nanti,” jelasnya.

Sebagai Kepala Desa, Surani berharap BLT-DD yang diterima masyarakat bisa bermanfaat, dan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

“Terimakasih, bantuan ini sangat membantu sekali dalam meringankan beban ekonomi kami,”katanya singkat. (Ar)