Liverpool Bungkam Norwich 3-1

Berita, Olahraga1294 Dilihat

MANCHESTER – Liverpool bangkit dan mengatasi Norwich City dalam laga pekan ke-24 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (19/2) malam. Mereka sempat tertinggal lebih dulu dari tamunya itu.

Milot Rashica mengejutkan publik Anfield dengan tembakannya yang berbelok mengenai Joel Matip untuk membawa Norwich memimpin. Tapi Liverpool kemudian membalikkan kedudukan Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Luis Diaz yang mencetak gol perdananya untuk The Reds.

Kemenangan membuat Liverpool memangkas jarak dari Manchester City. Liverpool punya 57 poin, hanya tertinggal enam poin dari City yang baru bermain lebih larut melawan Tottenham Hotspur.

Sedangkan Norwich terperosok lagi ke posisi juru kunci dengan 17 poin lantaran Watford (18) meraih kemenangan dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, demikian catatan situs resmi Liga Inggris seperti diansir dari Antara.

Norwich mengawali permainan dengan agresif dan langsung menguji kesigapan kiper Alisson Becker dalam serangan pertama mereka. Penjaga gawang The Reds itu menepis bola umpan silang Max Aarons yang tajam mengarah ke gawang.

Lantas dua menit berselang, Rashica berhasil memperdaya Alisson untuk menyarangkan bola ke gawang Liverpool. Hanya saja gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Liverpool balas mengancam lewat sebuah umpan silang berbahaya kiriman Salah di area tiang jauh. Kostas Tsimikas yang lolos dari kawalan sayang sontekan bek Yunani itu melambung tinggi di atas mistar gawang.

Tuan rumah nyaris betul-betul memimpin pada menit ke-20 melalui situasi kemelut setelah sepak pojok. Salah melakukan sundulan ke mulut gawang yang sudah ditinggalkan kiper Angus Gunn. Tapi Grant Hanley sukses menghalau bola sebelum melewati garis.

Pada menit ke-38, Virgil van Dijk mampu menyarangkan bola ke gawang Norwich. Tapi gol itu juga dianulir karena Jordan Henderson sudah terlanjur berada dalam posisi offside.

Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Norwich sukses menciptakan kejutan tiga menit memasuki babak kedua ketika mampu mencuri keunggulan lewat tembakan spekulasi Rashica yang berbelok mengenai Matip. Kiper Alisson terkecoh dan bola bersarang ke tiang jauh.

Upaya Liverpool membalas tak kunjung menemui titik terang hingga Juergen Klopp mengambil keputusan krusial menurunkan Thiago Alcantara dan Divock Origi menggantikan Oxlade-Chamberlain dan Naby Keita. Tuan rumah bermain dengan empat penyerang sejak menit ke-62.

Dua menit setelah pergantian itu, Liverpool sukses menyamakan kedudukan melalui gol indah Mane yang melakukan tembakan akrobatik setelah menerima umpan sundulan dari Tsimikas demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Momentum Liverpool berlanjut dan berhasil membawa tuan rumah berbalik merebut keunggulan melalui ketenangan Salah menyelesaikan situasi serangan balik. Menerima umpan dari Alisson, Salah mengecoh Gunn serta beberapa pemain Norwich yang bergegas kembali memenuhi kotak penalti mereka.

Kemenangan Liverpool dilengkapi torehan gol perdana Diaz yang dihasilkan dari kebolehannya memanfaatkan umpan terobosan cermat kiriman Henderson dengan tendangan cungkil yang mengunci skor 3-1 atas Norwich. (antara)